Perawatan kulit dan rambut selama kehamilan dapat menjadi sesuatu yang menekan dan membingungkan bagi calon ibu. Selama kehamilan, kulit Anda bisa menjadi sangat sensitif. Menemukan perawatan dan tips yang tepat yang akan berhasil baik untuk Anda dan bayi Anda dapat terasa luar biasa. Bertanya pada teman dan ibu lain untuk meminta nasihat dapat membantu. Bahkan berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda pun juga bisa membantu Anda.

Apa Yang Terjadi Pada Kulit Anda Selama Masa Kehamilan

Kehamilan adalah pengalaman yang luar biasa. Namun selama masa kehamilan juga ibu hamil akan mempunyai kulit yang glowing dan ada pula yang gatal di seluruh bagian tubuh. Hal ini bisa terjadi karena pada saat masa kehamilan tubuh Anda menciptakan lima puluh persen lebih banyak darah daripada biasanya. Aliran darah ekstra inilah yang membuat wanita terlihat glowing. Di sisi lain, peningkatan hormon dapat merangsang kelenjar minyak Anda yang bisa menyebabkan jerawat. Peningkatan hormon ini bisa membuat jerawat bertambah parah jika kulit Anda sudah berminyak. Penting untuk diingat bahwa setiap orang berbeda dan tidak ada skincare yang akan berhasil untuk semua orang. Karena pada saat hamil pun aturan pertama skincare tetap sama yaitu cocok-cocokkan.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Selama Masa Kehamilan

Hal terbaik yang harus dilakukan untuk kulit Anda adalah memiliki rutinitas yang baik dan stabil. Menggunakan pembersih wajah tanpa fragrance dan semua pembersih alami akan membantu Anda menghindari mual atau iritasi yang disebabkan oleh bahan buatan. Juga penting untuk tidak mencuci wajah lebih lama karena akan menyebabkan kekeringan pada kulit Anda. Jika Anda berencana untuk menggunakan perawatan jerawat, maka sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan ataupun dokter kecantikan Anda terlebih dahulu. Bahan-bahan dalam produk perawatan jerawat tidak selalu aman untuk digunakan saat hamil.

Produk Skincare Yang Aman Selama Masa Kehamilan

Menemukan produk yang baikĀ  aman digunakan untuk cara merawat wajah alami selama masa kehamilan bukanlah suatu usaha yang mudah. Yang terbaik adalah menggunakan alami atau jika menggunakan produk dari merk kosmetik tertentu, pastikan tidak beracun. Anda bisa menggunakan sabun Nu Amoorea beauty plus bar yang tidak hanya aman buat ibu hamil tapi juga sudah memiliki sertifikat BPOM dan halal MUI. Berikut ini bahan-bahan alami untuk skincare terbaik Anda:

  1. Kaldu tulang

Percaya tidak bahwa kaldu tulang adalah salah satu skincare yang baik untuk ibu hamil? Kaldu tulang adalah salah satu menu makanan yang baik untuk membantu menjaga kulit tetap sehat. Kaldu ini mengandung gelatin yang pada dasarnya hanya mengandung kolagen hewan yang dimasak. Konsumsi sehari-hari dapat membantu mencegah stretch mark dan menjaga kulit tetap kenyal, halus, dan sehat. Belum lagi, semua vitamin, nutrisi, dan asam amino yang luar biasa bagus untuk Anda dan janin Anda. Pastikan untuk hanya minum kaldu tulang yang dibuat dengan tulang dari hewan yang digembalakan dan sehat, bukan ayam atau sapi yang diolah oleh pabrik. Gunakan kaldu tulang ini pada saat membuat sop. Bahan-bahan sop yang terdiri dari sayur-sayuran pun juga akan sangat bernutrisi bagi Anda dan janin Anda.

  1. Lemak tak jenuh

Beberapa lemak tak jenuh tertentu tidak hanya sehat, tapi juga penting bagi tubuh Anda untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Bayi Anda membutuhkan lemak yang sehat untuk perkembangan otak yang optimal, Sedangkan Anda memerlukannya untuk penyerapan nutrisi. Jika Anda tidak dapat menyerap nutrisi, maka Anda juga tidak dapat meneruskannya ke bayi Anda. Lalu lemak tak jenuh adalah energi yang sangat dibutuhkan dan juga sumber untuk si kecil yang sedang tumbuh.

Lemak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, mentega yang digarami, kuning telur, alpukat, ikan tuna, ikan sarden dan ikan salmon adalah tambahan yang sangat baik untuk menu makanan yang sehat. Ketika Anda secara teratur mengonsumsi lemak ini, maka lemak tersebut dapat membantu kulit Anda agar tetap lembab dan menjaga elastisitas yang lebih baik. Lemak tak jenuh juga meningkatkan kesehatan dan perkembangan bayi Anda.

Bahan-Bahan Skincare Yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan

Ketika memilih produk skincare selama kehamilan, penting untuk mengetahui tentang bahan-bahan apa saja yang digunakan. Beberapa bahan tidak aman untuk ibu hamil.

  1. Retinol

Produk yang mengandung retinol harus dihindari sama sekali. Bahan ini biasanya ditemukan dalam produk anti penuaan dan perawatan jerawat. Accutane adalah contoh retinoid yang benar-benar harus dihindari. Turunan vitamin A ini dapat merusak perkembangan sel bayi Anda. Accutane juga bisa menyebabkan cacat bawaan.

  1. Hidrokuinon

Hidrokuinon biasanya ditemukan pada perawatan kulit untuk melasma dan kondisi kulit lainnya. Lebih dari 45% dari hidrokuinon diserap ke dalam aliran darah dan masuk ke bayi Anda. Sebaiknya berhenti menggunakan saat masa hamil dan menyusui. Bayi, Perawatan Kulit, Kehamilan

  1. Tetracycline

Bahan ini biasanya ditemukan dalam obat jerawat yang diresepkan oleh dokter atau apoteker. Seperti Accutane, tetracycline bisa menyebabkan cacat lahir atau keguguran. Bahan ini harus dihindari selama masa kehamilan dan menyusui Anda.

  1. Fragrance

Pembersih wajah atau sabun muka yang mengandung fragrance tidak hanya menyebabkan Anda merasa mual, tapi juga bisa membuat kulit Anda lebih kering. Beberapa wanita bahkan mempunyai ruam pula. Tidak semua orang harus menghindari fragrance, tapi sebaiknya dihindari saja. Beberapa wewangian buatan juga bisa menjadi racun bagi Anda dan bayi Anda. Bahkan beberapa aroma alami seperti minyak esensial juga bisa berbahaya selama kehamilan.

Itu dia beberapa cara merawat wajah yang harus dihindari dan digunakan pada saat masa kehamilan. Semoga Anda dan si janin sehat selalu!