Memiliki rambut yang panjang, tebal, dan berkilau adalah keinginan bagi banyak orang. Hal inilah yang membuat masalah rambut kering atau rambut rontok sangat mengganggu bagi sebagian orang, baik wanita maupun pria.

Ketahui Siklus Pertumbuhan Rambut

Penyebab umum kekeringan dan kerontokan rambut antara lain kekurangan nutrisi, ketidakseimbangan hormon, stres, penggunaan gaya rambut yang tidak tepat, alat pemanas, produk rambut yang mengandung bahan kimia, genetika, dan berbagai alasan lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu melembabkan dan menyuburkan rambut Anda agar tetap lembab dan tebal. Bahan-bahan alami ini akan terbukti sangat efektif jika Anda menggunakannya secara rutin setidaknya selama sebulan. Apa saja bahan-bahan alami tersebut?

Perawatan Untuk Rambut Kering Dan Rontok Dengan Bahan Alami

  1. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala Anda membantu meningkatkan sirkulasi dan karena hal itu maka dapat merangsang pertumbuhan rambut. Memijat kulit kepala Anda hanya perlu waktu sekitar lima menit saja setiap hari untuk melihat hasilnya. Gosokkan saja jari-jari Anda pada kulit kepala Anda dengan gerakan melingkar. Tekankan jari-jari Anda dengan lembut untuk membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Memijat juga dapat dikombinasikan dengan perawatan minyak zaitun atau minyak cem-ceman sekali atau dua kali seminggu. Bahkan Anda juga bisa memanaskan minyak tersebut. Panaskan minyak kelapa atau minyak zaitun dalam microwave. Pemanasan itu akan membantu untuk menembus batang rambut dengan mudah dan juga mengurangi ketombe. Oleskan minyak yang sudah dipanaskan dan gunakan sisir untuk mendistribusikan minyak tersebut Lalu gunakan topi rambut atau bungkus handuk hangat di sekitar kepala Anda. Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk memanaskan handuk. Kemudian biarkan selama setidaknya setengah jam sebelum keramas.

  1. Minyak esensial rosemary

Minyak esensial rosemary adalah bahan alami yang sangat baik untuk rambut Anda. Minyak essensial ini bisa mempercepat pertumbuhan rambut panjang, memperkuat akar, dan menghilangkan ketombe juga. Minyak esensial rosemary juga memiliki sifat antioksidan yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan sulfur dan silika dalam rosemary membantu membalikkan kerontokan rambut. Rosemary akan membantu meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan seta membuka folikel rambut. Selain itu, dapat membantu menggelapkan rambut Anda.

Campur dua tetes minyak esensial rosemary dengan dua sendok makan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak jojoba. Oleskan campuran tersebut pada rambut Anda dan pijat kulit kepala dengan lembut. Biarkan selama setidaknya setengah jam dan kemudian keramas rambut Anda seperti biasa. Anda juga bisa menggunakan air rosemary untuk membilas rambut. Rebus dua atau tiga tangkai rosemary dalam dua cangkir air panas selama sekitar lima menit. Jika Anda memiliki rosemary kering, rebus segenggam penuh dalam air. Atau campurkan 10-15 tetes minyak esensial rosemary ke dalam air panas. Biarkan hingga dingin lalu disaring infus. Bilas rambut Anda dengan setelah keramas. Anda dapat menggunakan campuran ini beberapa kali seminggu.

  1. Minyak Jarak

Minyak jarak memungkinkan rambut tumbuh lebih cepat karena minyak ini kaya asam lemak omega-9 dan vitamin E. Minyak ini bisa melembapkan rambut Anda, menambah volume, mencegah keriting, dan juga melawan infeksi kulit kepala. Cara terbaik adalah mencampur minyak jarak adalah dengan mencampurnya dengan minyak zaitun untuk mendapatkan konsistensi yang lebih baik dan bisa meningkatkan manfaatnya. Oleskan pada kulit kepala dan pijat rambut Anda dengan lembut. Biarkan selama 30 hingga 45 menit. Terakhir, bilas dan sampo rambut Anda. Jika sulit untuk dihilangkan, gunakan sampo lagi agar benar-benar bersih. Untuk membuatnya lebih efektif, campurkan empat tetes minyak esensial rosemary dalam tiga sendok makan minyak jarak dan kemudian gunakan pada rambut dan kulit kepala Anda.

  1. Telur

Telur yang lebih enak dimakan ini ternyata juga bermanfaat untuk perawatan rambut kering dan rontok. Rambut terdiri dari protein keratin dan telur adalah sumber protein yang bagus. Dengan demikian, telur sangat bermanfaat dalam membantu rambut Anda tumbuh. Kocoklah dua kuning dari telur dan campurkan dua sendok ukuran makan dari minyak zaitun. Lalu oleskan campuran yang sudah ada pada kulit bagian kepala Anda dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air dingin lalu keramas rambut Anda seperti biasa. Atau, Anda juga bisa mencampurkan satu telur dengan seperempat cangkir plain yoghurt dan mayones dalam blender. Oleskan masker rambut ini dan tutup rambut Anda dengan topi mandi. Biarkan selama setidaknya setengah jam sebelum membilasnya.

  1. Buah malaka

Saat Anda mempunyai rambut rontok, maka Anda bisa menerapkan minyak kelapa yang dicampur dengan buah malaka yang sudah ditumbuk untuk mendorong pertumbuhan rambut. Campuran ini juga akan sangat membantu untuk orang yang mengalami masalah rambut beruban juga. Panaskan sedikit minyak kelapa dalam panci dan tumbuk buah malaka hingga halus. Oleskan campuran tersebut pada seluruh rambut. Pijat rambut dan kulit kepala lalu biarkan selama setidaknya 30 menit. Cuci rambut Anda dengan sampo seperti biasanya. Cara ini bisa Anda lakukan setiap minggu. Buah malaka memang lebih sering ditemukan pada supermarket internasional atau supermarket di kota besar.

  1. Air lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, asam folat, dan nutrisi lainnya. Plus, lemon juga kaya akan antioksidan. Selain pertumbuhan rambut, air lemon juga bisa membuat rambut halus, berkilau, dan bebas ketombe. Ketika dioleskan pada kulit kepala, lemon akan merangsang sirkulasi dan karenanya mencegah kerontokan rambut. Jangan gunakan air lemon terlalu banyak karena dapat menghilangkan warna rambut Anda dari waktu ke waktu.

Campurkan satu atau setengah lemon dan dua sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan pada rambut dan kulit kepala Anda dan biarkan selama 30 hingga 45 menit. Cucilah dan sampo rambut Anda seperti biasa. Anda bisa menggunakan campuran ini satu atau dua kali seminggu.

Menggunakan perawatan berbahan alami artinya butuh kesabaran dan konsistensi. Namun menggunakan bahan alami artinya Anda bisa berhemat dan melindungi rambut Anda dari kerusakan rambut yang lain. Bahan alami tentu tidak akan membuat efek samping.